Pemerintah Buka Peluang, REI Siap Bangun Perumahan di IKN

Asosiasi Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) bersedia turut serta menyediakan perumahan bagi Pejabat Negara (ASN) di Ibu Kota Negara atau IKN.

Wakil Ketua DPP REI Hari Gani mengatakan, sejak diluncurkannya rencana pengembangan IKN beberapa tahun lalu, pihaknya sudah menyatakan komitmen untuk berpartisipasi.

Hingga saat ini, REI masih menunggu tawaran pemerintah untuk berpartisipasi dalam penyediaan perumahan di IKN.

Hari mengumumkan pihaknya telah membentuk kelompok kerja khusus IKN yang beranggotakan sekitar 15 pengembang properti besar untuk terlibat secara serius.

Baca Juga: Sediakan Perumahan ASN di IKN,

Pemerintah Buka Peluang Bagi Pengembang “Kalau pemerintah terutama otoritas memanggil kita, kita siap, kita pernah dipanggil otoritas sekali, dan kita transmisikan sama,” ujarnya di Jakarta, Selasa (21/6.2022).

Meski demikian, Hari mengatakan REI akan terus memantau perkembangan rencana pengembangan IKN pasca terbitnya UU IKN.

Menurutnya, masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan, seperti aturan pelaksanaan, insentif dan pola kerjasama dengan pengembang. Karena itu, dia masih menunggu selesainya seluruh proses.

“Kami bertekad untuk ikut IKN, tapi tentunya kami akan pantau perkembangan IKN,” ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Komunikasi Rencana Transfer IKN, Sidik Pramono, mengatakan pemerintah berencana menyediakan rumah dinas bagi ASN, TNI dan Polri di IKN.

Namun, jumlah apartemen yang akan dibangun masih sesuai dengan kajian otoritas IKN. Sidik mengatakan jumlah yang akan dibangun nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan pengembangan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan minat dari pengembang swasta.

“REI juga salah satu calon investor, kami terbuka dengan beberapa pihak yang berminat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan IKN,

termasuk menyediakan perumahan untuk ASN dan nantinya untuk warga sekitar,” imbuhnya.

Simak juga berita lainnya di semangatbisnis.com

Leave a Comment