Inilah Jenis Investasi Yang Tepat Saat Rupiah Melemah

Memilih jenis investasi yang tepat adalah pilihan yang bagus jika Anda menginginkan aset untuk kurun waktu yang lama atau jangka panjang. Seseorang yang memiliki jiwa bisnis tentu harus bisa memanfaatkan setiap kondisi yang terjadi. Begitu pula ketika rupiah sedang melemah. Anda mesti memikirkan bagaimana cara agar di kondisi mata uang yang sedang terpuruk justru mampu menguntungkan dalam jangka panjang. Yakni dengan memilih investasi yang menguntungkan dari keadaan tersebut.

Bagi pengusaha impor tentu saja kondisi demikian sangat menguntungkan, namun berbeda dengan kondisi pengusaha ekspor. Anda bisa memilih investasi tertentu guna memanfaatkan peluang yang sedang terjadi saat ini.

Nah, berikut ini adalah berbagai pilihan investasi menjanjikan saat rupiah melemah.

4 Investasi Tepat Saat Rupiah Melemah:

Baca Juga: 5 Jenis Investasi Terbaik Yang Akan Membuat Anda Kaya

1. Investasi Emas

Emas merupakan benda berharga yang nilainya stabil. Bahkan nilainya bisa meningkat berkali lipat serta tidak terpengaruh oleh rupiah yang anjlok. Emas bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang karena kenaikan atau turunnya harga tidak cukup signifikan dalam waktu dekat.

Anda bisa mencoba investasi emas melalui pembelian secara individual atau dengan membuka tabungan emas di Pegadaian. Bagi yang ingin bermain lebih aman di bidang investasi, emas adalah pilihan yang tepat untuk investasi Anda.

2. Investasi Saham

Saat rupiah melemah, beberapa sektor saham di bidang impor mengalami penurunan kinerja. Namun untuk saham perusahaan ekspor justru keuntungan lah yang diraih. Maka investasi di sektor saham pertambangan, perkebunan atau perusahaan ekspor lainnya adalah ide tepat dalam menyikapi rupiah yang melemah.

Meskipun demikian, anda mesti jeli dalam memilih perusahaan ekspor agar tidak salah langkah dan pada akhirnya investasi anda akan sia-sia.

3. Investasi Reksadana Dolar

Reksadana dolar memiliki Nilai Aktiva Bersih mulai dari 1 USD. Investasi reksadana dollar bisa anda lirik untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Anda pun bisa memilih reksadana campuran dimana resikonya lebih rendah.

Anda mesti memantau kurs setiap hari sehingga bisa tahu bagaimana pergerakan uang yang ada. Modal awal reksadana dollar memang cukup besar misalnya yang ada pada Panin Dana US Dolar dimana membutuhkan modal awal 1.000 USD.

4. Deposito Dolar

Return yang anda peroleh dari deposito dolar terbilang menarik terlebih dalam keadaan sekarang sehingga uang anda akan otomatis lebih banyak. Namun setoran awal untuk membuka deposito dolar cukup besar yakni mencapai 1.000 USD di beberapa bank.

Seperti halnya deposito lainnya, jenis deposito ini juga hanya bisa dicairkan dalam waktu tertentu. Jika ingin investasi jangka panjang, anda bisa memilih deposito dolar sebagai opsi yang menarik.

Itulah beberapa referensi investasi menjanjikan yang bisa anda coba ketika rupiah sedang melemah. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Semangat Bisnis adalah situs seputar Bisnis dan Peluang Usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *