101 Peluang Usaha Menjanjikan Yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Peluang Usaha Online dan Offline yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Perkembangan zaman yang begitu pesat menimbulkan dampak yang terbilang signifikan. Berbagai sektor negara mengalami perubahan dan pasang surut, tak terkecuali di sektor perekonomian. Harga barang kebutuhan mengalami kenaikan dari waktu ke waktu, tetapi tidak dengan pendapatan bulanan.

Alhasil, mencari usaha sampingan pun menjadi suatu kewajiban demi mampu memenuhi segala kebutuhan. Meski terbilang memiliki angka keuntungan yang cukup menjanjikan, mencari peluang usaha atau penghasilan tambahan tidak pernah menjadi hal yang mudah.

Terlepas dari ide bisnis apa yang ada di kepala, masih ada hal lain yang harus dipenuhi, seperti misalnya modal, lokasi usaha, juga segala perizinan yang terlihat rumit. Walaupun kemajuan teknologi membuat semua usaha nyaris berubah arah menjadi offline, tetap saja masih banyak pelaku usaha yang berbisnis secara offline. Sebenarnya, apa perbedaan dari keduanya?

Peluang Usaha Online dan Offline

Sebelum teknologi berkembang sepesat sekarang, mayoritas bisnis dilakukan secara offline alias manual. Memiliki toko kelontong atau menawarkan produk melalui selembar kertas brosur dan pamflet. Membuat iklan melalui baliho, menyiarkannya melalui radio, atau menayangkannya melalui televisi. Pada intinya, usaha offline dilakukan tanpa bantuan internet.

Sementara itu, usaha online lebih memanfaatkan akses jaringan internet dan segala perangkat canggih yang kini telah menjadi bagian dari kehidupan dan segala mobilitas. Sebut saja ponsel, dengan benda kecil ini, Anda bisa mengakses banyak informasi dari laman mesin pencari. Bisa juga melalui komputer, tablet, atau laptop.

Peluang usaha secara online dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan offline, karena tidak membutuhkan modal besar. Cukup memiliki jaringan internet berkecepatan tinggi, Anda bisa berbisnis dari mana saja setiap saat. Pemasangan iklan dilakukan mengenai media-media online yang sering diakses oleh masyarakat, seperti Facebook, Instagram, YouTube, atau Twitter. Membuat laman atau website resmi juga terkadang dibutuhkan demi meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen.

Baca Juga: Contoh Bisnis Online Terbaru Tanpa Modal

Peluang Usaha Online yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Teknologi tidak pernah berhenti berkembang. Setiap saat, akan ada perubahan kecil yang justru memberikan dampak besar, terlebih pada sektor bisnis. Hampir semua badan usaha beralih menjadi online agar tidak tersingkir tergerus pergeseran zaman. Mayoritas peluang usaha skala kecil dan menengah pun mau tak mau harus turut merubah haluan mengikuti perubahan.

Sebagai dampaknya, muncul banyak sekali peluang usaha online yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk mendapatkan penghasilan ekstra. Pasalnya, hampir semua bisnis offline juga bisa dilakukan secara online. Terlebih dengan kehadiran berbagai perangkat teknologi canggih yang bisa dibawa ke mana pun Anda pergi, mulai dari ponsel hingga laptop.

Nah, berikut beberapa peluang usaha online yang bisa Anda kerjakan dari rumah:

Menjadi Kreator Website/Web Developer

Web Developer
Via Pexels

Pandai memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi akan membuat Anda mendapatkan banyak ide untuk membangun sebuah peluang usaha online. Salah satunya adalah dengan menjadi kreator atau pembuat website atau yang kerap disapa web developer. Tak tanggung-tanggung, keuntungan yang akan Anda raup sangat menjanjikan jika Anda menguasai teknik dan bagaimana proses pembuatannya.

Demi mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas, semua perusahaan kelas menengah dan besar kini memiliki website resmi. Terlebih jika perusahaan tersebut baru saja diresmikan, website menjadi satu kebutuhan utama untuk mendapatkan perhatian calon investor dan vendor lain.

Peluang ini tentu harus Anda manfaatkan. Jika Anda adalah kreatornya, coba bayangkan berapa penghasilan yang akan didapatkan dari menciptakan satu portal untuk perusahaan tersebut. Pasalnya, tidak semua orang mampu menciptakan sebuah website yang mumpuni, karena Anda harus memahami berbagai keahlian komputer yang terbilang sulit.

Menjadi Penulis Konten Digital/Content Writer

Pexels.com

Pada umumnya, isi dari sebuah website adalah konten atau tulisan, baik untuk mengenalkan perusahaan maupun sumber informasi lain yang dibutuhkan oleh pelanggan, seperti misalnya artikel. Peluang usaha online ini sangat tepat untuk Anda yang gemar menulis. Promosikan diri Anda untuk mengerjakan isi dari portal perusahaan atau yang lebih dikenal dengan company profile. Tak hanya itu, Anda pun bisa menjadi penulis online untuk konten artikel yang dibutuhkan.

Selain pendapatan yang terbilang menguntungkan, Anda bisa mengerjakan pekerjaan sebagai penulis konten di mana saja dan kapan saja, tidak perlu harus datang ke kantor untuk menyelesaikannya. Anda hanya membutuhkan koneksi internet yang mumpuni untuk mencari referensi dan melakukan riset mengenai konten yang akan ditulis. Jika ingin menguji kemampuan, Anda bisa mencoba mendaftar pada portal pencari kerja secara freelance.

Meski begitu, tarif para penulis lepas tidak setinggi yang Anda kira. Berbeda jika memang Anda memiliki jam terbang yang tinggi dan telah mampu menulis banyak konten, baik dalam Bahasa Indonesia atau berbagai bahasa lainnya. Pasalnya, tidak sedikit pencari kerja penulis lepas yang memasang tarif amat rendah untuk setiap penulisan artikel. Biasanya, tarif ini tidak dihitung berdasarkan berapa banyak artikel yang ditulis, tetapi dilihat dari jumlah kata yang dibutuhkan pada satu artikel. Jadi, pandai dan cermatlah dalam memilih dan bernegosiasi.

Membuat Usaha Online Shop

Membuka Usaha Online Shop
Via Pixabay

Siapa bilang membuat online shop butuh modal besar? Anda hanya perlu cermat melihat peluang dan memanfaatkan segala akses yang telah tersedia, tidak perlu membuat sendiri, terlebih jika bisnis yang akan dilakukan terbilang baru. Ada banyak media online yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana promosi, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan YouTube.

Sebagai contoh, aplikasi Instagram adalah salah satu yang sedang sangat digandrungi oleh pengguna internet. Aplikasi berbasis visual ini menampilkan gambar untuk mendapatkan engagement sesama pengguna. Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki. Buatlah sebuah akun dan tambahkan gambar semenarik mungkin untuk menggaet minat calon pelanggan.

Ingin membuat bisnis baru Anda diketahui dan dikenal oleh calon pelanggan potensial? Anda bisa menggunakan layanan iklan dalam media sosial Facebook dan Instagram. Jangan salah, biayanya tidak mahal, kok, justru terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan memasang iklan secara offline. Gunakan saja Facebook Ads atau Instagram Ads untuk media promosi.

Menjadi Desain Grafis

Peluang Usaha Menjadi Desain Grafis
Img : Pixabay

Selain penulis konten lepas, peluang usaha online lain yang bisa Anda lakukan adalah menjadi ahli desain grafis. Metode pemasaran secara digital sedang begitu pesat berkembang, kebutuhan gambar, layout, pun konten berbasis video pasti melonjak. Layaknya penulis lepas, Anda tidak membutuhkan modal besar untuk bisa menjadi ahli desain, cukup perangkat komputer dengan spesifikasi yang mumpuni dan koneksi internet.

Anda pun tidak harus menempuh bangku kuliah atau menjadi sarjana untuk bisa menedesain gambar yang sempurna. Cukup dengan mengikuti kursus kelas desain dan tekun berlatih, kemampuan ini pun mudah Anda dapatkan. Bahkan, ini bisa menjadi skill tambahan pada CV Anda.

Bisnis MLM

Bisnis MLM

Peluang usaha Multi Level Marketing atau MLM juga bisa Anda jalankan secara online. Bedanya dengan MLM konvensional, cara online ini jelas lebih menghemat waktu, biaya, dan tenaga Anda. Semua prosesnya, mulai dari promosi produk, memberikan arahan pada anggota dan calon anggota, hingga proses pemesanan dan pembayaran dilakukan secara online.

Meski begitu, tidak semua bisnis MLM yang telah dilakukan dengan sistem online memiliki sistem dan maintenance yang baik. Supaya Anda tidak masuk pada bisnis yang salah, pastikan dahulu bisnis MLM yang akan Anda ikuti memiliki produk dan prospek yang bagus di masa mendatang. Bisnis MLM memang membutuhkan usaha dan kerja keras, tetapi hasil yang akan Anda dapatkan akan sebanding jika berhasil mencapai targetnya.

Peluang Usaha dari Program Affiliasi

Peluang Usaha dari Program Affiliasi

Bisnis affiliasi menjadi peluang usaha online yang banyak dipilih oleh para pemasar internet atau internet marketer, baik dari dalam maupun luar negeri. Uniknya, Anda tidak harus mempunyai sebuah produk untuk bisa menggeluti bisnis ini, karena Anda bisa menjual produk milik orang lain secara online melalui berbagai media, baik dari media sosial maupun melalui email marketing.

Nantinya, Anda akan mendapatkan komisi dari jumlah keseluruhan harga produk yang berhasil terjual. Menariknya, Anda tidak perlu khawatir memikirkan bagaimana proses pembuatan, pengepakan, dan pengiriman barangnya. Anda cukup memasarkan dan mempromosikan produk melalui link yang diberikan oleh pemilik. Komisi akan Anda dapatkan jika konsumen melakukan transaksi dari link tersebut.

Peluang Usaha Offline yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Meski internet sedang merajai dunia bisnis, nyatanya masih banyak masyarakat yang tetap memilih berbisnis secara offline atau yang lebih sering disebut dengan bisnis konvensional. Meski cara pemasaran atau promosinya terbilang berbeda, usaha offline pun bisa memberikan keuntungan yang besar.

Nah, berikut contoh peluang usaha offline yang bisa dilakukan di rumah:

Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner
Bisnis Kuliner

Hobi memasak atau membuat kue? Mengapa tidak Anda jadikan hal tersebut sebagai ladang usaha? Banyaknya pelaku usaha yang juga menggeluti bisnis ini tak menjadi hambatan untuk Anda turut terjun di dalamnya. Hal terpenting adalah bagaimana keunikan bisnis kuliner Anda bisa mengalahkan para pesaing dan menarik minat konsumen.

Anda pun perlu tahu bahwa peluang usaha di bidang kuliner tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar. Tak hanya itu, bisnis ini juga tetap bisa dilakukan meski Anda tidak memiliki kehalian memasak. Caranya adalah dengan membeli bisnis frenchise atau waralaba. Sekarang ini, banyak sekali bisnis franchise dengan omset yang sangat menjanjikan.

Jasa Laundry

Jasa Laundry
Jasa Laundry

Berikutnya adalah jasa laundry, peluang usaha satu ini menyasar pada masyarakat yang bermatapencaharian sebagai karyawan atau anak kos. Kesibukan yang padat membuat Anda bahkan tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci atau menyetrika pakaian. Alasan inilah yang membuat jasa laundry begitu dibutuhkan. Tidak hanya mencuci, tetapi juga menyetrika pakaian.

Namun, tidak asal mendirikan jasa laundry, Anda perlu memahami bagaimana menjalankan bisnis laundry berikut modal yang akan dikeluarkan. Selanjutnya, perhatikan pula lokasi. Umumnya, area kampus dan rumah indekos menjadi lokasi terbaik untuk mendirikan bisnis ini. Terakhir, media promosi yang Anda gunakan. Tak hanya menyebar brosur, Anda sebaiknya juga memanfaatkan internet untuk melakukan promosi, seperti memasarkan jasa laundry tersebut melalui laman media sosial Facebook.

Bisnis Jasa Menjahit

Bisnis Jasa Menjahit
Bisnis Jasa Menjahit

Bisnis jasa menjahit pakaian menjadi peluang usaha yang sulit jika dilakukan secara online. Pasalnya, Anda harus mengukur tubuh untuk menentukan ukuran pakaian, dan cara ini tidak akan akurat jika tidak dilakukan secara manual. Belum lagi dengan model pakaian yang diinginkan, juga jenis dan model kain yang dibutuhkan.

Selain membuat model pakaian baru, jasa menjahit sangat dibutuhkan untuk mengecilkan pakaian atau melakukan vermak untuk pakaian berbahan jins. Jadi, jasa menjahit tidak hanya bisa dilakukan dalam satu ruangan, tetapi juga bisa dilakukan dengan berkeliling atau mangkal di suatu area tertentu.

Menjadi Guru Bimbel atau Privat

Menjadi Guru Bimbel atau Privat
Via Pexels

Tidak akan bermanfaat ilmu yang Anda miliki jika tidak dibagikan dengan orang lain. Bahkan, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan berbagi ilmu atau mengajari orang lain keahlian khusus yang Anda miliki, alias menjadi guru privat atau bergabung dengan bimbel. Peluang usaha satu ini amat dibutuhkan, khususnya di kalangan pelajar kelas 6 SD, 9 SMP, dan kelas 12 di bangku SMA yang akan meghadapi ujian akhir dan ujian masuk perguruan tinggi favorit.

Menariknya, kini menjadi guru privat atau guru les telah bisa dilakukan secara online melalui beberapa perantara. Intinya, les online ini mirip bimbel, hanya saja pertemuannya tidak dilakukan secara langsung seperti halnya bimbel pada umumnya, melainkan melalui video. Proses pendaftarannya pun tidak sulit jika Anda tertarik untuk bergabung.

Bisnis Percetakan dan Pembuatan Plakat

Bisnis Percetakan dan Pembuatan Plakat
Bisnis Percetakan

Dalam urusan promosi, pemilik usaha atau perusahaan biasanya membutuhkan selebaran berupa brosur, pamflet, booklet, kaos, goody bag, hingga banner. Semuanya bisa diperoleh melalui jasa percetakan. Namun, Anda harus memiliki keahlian dan pemahaman yang cukup mengenai dunia percetakan, mulai dari bagaimana melakukan editing gambar atau desain yang sudah ada hingga bagaimana mengoperasikan mesin cetak dengan ukuran yang terbilang beragam.

Khusus untuk kaos dan goody bag, keahlian tambahan yang harus Anda miliki adalah mencetak gambar pada berbagai jenis kain dengan teknik yang ada, seperti teknik sablon atau bordir. Jika Anda memilih usaha pembuatan plakat, Anda harus paham tentang berbagai bahan plakat berikut cara membuatnya. Peluang usaha ini cukup menjanjikan jika didirikan di lokasi yang dekat dengan area kampus atau perkantoran.

Bisnis Toko Kelontong

Bisnis Toko Kelontong

Peluang usaha offline terakhir yang bisa Anda lakukan dari rumah adalah membuka toko kelontong yang menjual segala perlengkapan rumah tangga, mulai dari bahan-bahan makanan hingga produk-produk kebutuhan lainnya, seperti pencuci baju, pencuci piring, dan alat-alat tulis. Meski telah banyak didirikan minimarket yang terbilang lebih lengkap, toko kelontong masih saja dicari oleh ibu rumah tangga, terlebih dengan harga produk yang lebih murah dibandingkan dengan harga di minimarket.

Meski begitu, menjalankan bisnis toko kelontong tidak bisa dibilang mudah. Pasalnya, Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membangun toko dan membeli keperluan barang melalui pemasok atau juragan dengan harga yang bersaing. Selain itu, tidak mudah pula membangun rasa percaya dengan para pemasok, oleh karenanya selalu berhati-hati dan cermat dalam memilih supplier produk Anda.

Pun dibutuhkan kesabaran dan kegigihan dalam menjalankan bisnis toko kelontong. Harga barang yang cenderung fluktuatif membuat toko kelontong cenderung mengalami pasang surut dan perolehan profit yang tidak stabil. Jadi, pastikan Anda telah memikirkan segala peluang dan risikonya sebelum memutuskan untuk mendirikan toko kelontong.

Demikian tadi ulasan mengenai peluang usaha online dan offline, mulai dari perbedaan antara keduanya hingga beberapa contoh bisnis yang bisa Anda lakukan dari rumah. Apa pun jenis bisnis yang Anda pilih, baik online maupun offline selalu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda hanya perlu pandai melihat celah dan mengambil peluang untuk bisa memulai bisnis, tepat dalam menentukan strategi pemasaran dan target pasarnya. Semoga bermanfaat.

Summary
Peluang Usaha Online dan Offline yang Bisa Dilakukan dari Rumah
Article Name
Peluang Usaha Online dan Offline yang Bisa Dilakukan dari Rumah
Description
Meski terbilang memiliki angka keuntungan yang cukup menjanjikan, mencari peluang usaha atau penghasilan tambahan tidak pernah menjadi hal yang mudah.
Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *