Supaya Tidak Salah Pilih, Inilah Tips Memilih Mitra Usaha Yang Benar

Dalam bisnis, mitra usaha merupakan bagian yang tak terpisahkan dan menjadi salah satu kebutuhan utama bisnis anda. Tanpa adanya mitra, jalannya bisnis akan terasa berat karena anda akan menjalankannya seorang diri.

Adanya mitra usaha tentu akan meringankan proses pemasaran dan perputaran modal sehingga bisnis mampu berkembang lebih cepat. Di era modern seperti sekarang membangun bisnis dengan landasan kemitraan amat penting. Mengingat persaingan bisnis yang ketat adanya mitra tentu sangat menguatkan jaringan bisnis anda.

Namun demikian, anda tidak boleh sembarangan dalam menjalin kemitraan. Bisnis merupakan perkara yang sensitif karena menyangkut uang. Oleh sebab itu anda mesti jeli dalam menggaet pihak lain dalam memutuskan memilih mitra usaha.

Mitra usaha bisa berperan sebagai investor, pelaku waralaba, agen, dsb. Banyak jenis bisnis yang amat tergantung dengan mitra-mitranya. Mulai dari bisnis kuliner, bisnis pakaian, hingga berbagai bisnis franchise. Berikut ini adalah tips dalam memilih mitra usaha yang benar.

Berbagai Tips Memilih Mitra Usaha:

Baca Juga: Contoh Bisnis Online Terbaru Tanpa Modal

1. Kenali Karakternya

Karakter merupakan bawaan alami seseorang. Karakter bisa terbentuk karena lingkungan hingga tingkat pendidikannya. Skill bisa dilatih namun karakter akan sulit diubah. Dari karakter inilah kita bisa memprediksi bagaimana jalannya bisnis lewat kerjasama jangka panjang.

Pasalnya karakter mitra akan berpengaruh terhadap bagaimana ia mengambil keputusan, ego dalam kerjasama, dsb. Maka ketahui karakter mitra anda sebelum bekerjasama. Mengetahui karakter calon mitra yang akan kita pilih akan lebih mudah jika anda mengajak orang terdekat terlebih dulu.

2. Nilai Track Recordnya

Memilih mitra yang track record nya tidak jelas sama saja dengan menumbuhkan resiko kegagalan. Kita tidak tahu apa akibat bermitra dengan orang tersebut jika rekam jejaknya saja tidak kita ketahui. Jika sedang beruntung kita bisa membuat bisnis bertumbuh.

Namun bagaimana jika kebetulan sedang apes? Maka justru kita akan tertipu dan mendapatkan kerugian besar. Meskipun sulit, mengecek track record calon mitra sangat penting. Misalnya dengan bertemu langsung, survei, hingga mengecek portofolio sedetail mungkin.

3. Kejelasan Kemitraan

Jangan lupakan proses ‘Hitam diatas Putih’. Dengan adanya kejelasan perjanjian maka anda akan mendapat pegangan kuat dari segi hukum dan akad. Perjanjian atau MoU ini merupakan elemen penting dalam kerjasama.

Hak dan kewajiban kedua belah pihak akan terdeskripsi secara jelas sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman di waktu mendatang. Tanpa adanya kejelasan mitra maka usaha akan sulit berkembang karena pengusaha akan kesulitan menentukan format usaha yang tepat.

4. Prinsip Keadilan Pada Kemitraan

Prinsip keadilan kedua belah pihak juga mesti diperhatikan. Bisnis yang baik tentu yang menguntungkan kedua belah pihak. Maka sebagai pemilik bisnis prinsip keadilan pada kemitraan wajib anda pertimbangkan.

Dengan demikian kita bisa memilih mitra yang tepat. Selain itu, prinsip keadilan yang baik juga bermanfaat agar anda lebih mudah menjalin kerjasama dengan lebih banyak mitra.

Itulah beberapa tips memilih mitra usaha agar bisnis anda kian berkembang. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Semangat Bisnis adalah situs seputar Bisnis dan Peluang Usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *