Tips Mengatasi Ulasan Negatif Konsumen Pada Bisnis Online Anda

Tips Mengatasi Ulasan Negatif Konsumen Pada Bisnis Online

Tidak selamanya anda mendapatkan ulasan positif dari konsumen, sebagai pelampiasan kekecewaan, biasanya bisnis online juga akan mendapatan ulasan negatif konsumen yang nantinya akan berpengaruh pada kredibilitas bisnis.

Hal tersebut tentu wajib anda tangani secara bijak sehingga ulasan negatif ini tidak menyebar ke ranah lainnya. memang kita pun akan merasa kecewa dan ciut rasa percaya diri ketika menghadapi ulasan negatif.

Namun bukanlah bisnis jika tanpa masalah atau kritik, justru ulasan tersebut efektif untuk mengembangkan bisnis secara lebih baik.

Yang paling penting adalah bagaimana menjadikan ulasan tersebut sebagai materi untuk menaikan kualitas layanan anda. Selain itu, anda juga mesti paham bagaimana antisipasi pertama agar ulasan tersebut tidak merugikan untuk kedepannya.

Anda perlu menanganinya dengan kepala dingin dan merubah sudut pandang terlebih dulu dari arah konsumen. dengan demikian, solusi yang tepat pun bisa anda dapatkan.

Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai tips mengatasi ulasan negatif konsumen pada bisnis online.

Tips Mengatasi Ulasan Negatif Konsumen:

Baca Juga : 4 Jebakan Yang Justru Membuat Bisnis Anda Gagal

1. Identifikasi Masalah

Cobalah berpikir objektif agar anda bisa melihat permasalahan dari sudut pandang konsumen, supaya anda bisa tahu apa saja masalah yang melatarbelakangi konsumen memberikan review negatif. Pelajari apa saja masalah yang telah anda simpulkan.

Dengan demikian, anda bisa mengenali masalah dan tahu solusi terbaik agar hal tersebut tidak terulang lagi.

2. Minta Maaf

Ketika mendapatkan review negatif, sampaikan permintaan maaf terlebih dulu. Meskipun kesalahan sebenarnya bukan karena anda, permintaan maaf akan membuat konsumen berbesar hati dan merasa dihargai.

Jika ketika dihadapkan pada review negatif justru anda malah memberikan respon defensif dan tidak terima, hal ini akan semakin melukai konsumen dan membuat kredibilitas bisnis online anda semakin turun.

3. Perbaiki Masalah

Jika sudah mendapatkan titik permasalahannya, segera perbaikinya agar rating toko online anda tidak semakin ambruk. Jangan hanya meminta maaf dan berjanji tidak mengulanginya.

Perbaiki masalah sebagai wujud pertanggung jawaban permintaan maaf anda. Selain itu, anda juga bisa memberikan kompensasi jika misalnya barang rusak atau cacat sehingga konsumen merasa diperhatikan.

4. Minta Konsumen Menghapus Ulasannya

Setelah melakukan hal diatas, cobalah minta konsumen secara baik-baik untuk menghapus ulasannya. Sekeras apapun anda meminta maaf dan memperbaiki kesalahan, ulasan negatif tetap terbaca oleh orang lain.

Hal tersebut akan membuat kredibilitas bisinis online terpuruk. Jika konsumen tidak bersedia menghapus, mintalah untuk memberikan tambahan ulasan positif agar sisi profesional toko online anda tetap terjaga.

5. Sampaikan Terima Kasih

Jangan lupa sampaikan terima kasih atas masukan dan kritik yang disampaikan konsumen. terlebih jika mereka mau menghapus ulasan negatifnya. Ucapan terima kasih ini akan membuat anda dinilai sebagai pribadi yang menghargai.

Dengan manner yang baik, kekecewaan konsumen pun akan berlalu dan mereka tidak akan kapok membeli produk atau menggunakan jasa anda.

Demikian beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi ulasan negatif konsumen secara lebih bijak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *